4/8/15

DIALOG : HOW TO LEARN KOREAN - MY WAY

Halo semua!

Udah lama ya? Iya ya, maafkan saya semuanya. Tapi! Hari ini gue mau ngebawain sesuatu yang tidak sia-sia atau sok ngelawak seperti yang sebelum-sebelumnya. Kali ini gue mau share tentang bagaimana cara CEPAT dan EFEKTIF belajar bahasa Korea. Iya, bahasa Korea! Iya memang gue engga akan bisa ngajarin semua satu-satu dari basicnya, tapi paling engga gue mau share tentang bagaimana gue bisa menambah skill gue di luar dari kelas-kelas bahasa Korea yang mematikan dan menginjak-injak rasa PD gue.

PS.: Ini buat yang niat serius belajar Korea aja ya. Intinya kalo engga diniatin engga akan ada deh yang bisa!

Let's Go!

1. START FROM THE VEEERY BASIC.

Di dalam pembelajaran semua bahasa, basic stuff is the most important. Kenapa? Anggap lah kalo lo-lo bangun rumah, engga ada pondasinya, pastinya akan roboh kan? Sama dengan membangun skill bahasa, pondasi adalah segalanya.

Gue banyak liat orang yang baru belajar bahasa Korea, tapi tanggung-tanggung. Misalnya, Hangeul (Abjad Korea) cuma bisa setengahnya. Lah, kan nanggung tuh? Kenapa engga diniatin aja belajar semuanya?

Tidak seperti bahasa Cina atau Jepang, bahasa Korea punya abjad sendiri yang pasti, jadi kita tinggal belajar kombinasinya dan kita langsung bisa baca, walau engga tau artinya. Ngerti kan? Kalau bahasa Cina maupun Jepang, kalo engga tau artinya kita engga akan bisa baca karena mereka pake Chinese Characters yang berbeda tiap kosakata. Sedangkan bahasa Korea pakai kombinasi abjad kayak bahasa Indonesia, ada konsonannya dan ada vokalnya.

Di luar semua teori itu, untuk belajar dasar dari sebuah bahasa itu sulit, sulit sekali. Apalagi sampai mantap dan hafal di luar kepala. Di sini, aku mau saranin untuk mencari "guru" - siapa pun itu yang lo rasa lebih ngerti bahasa Korea untuk ngajarin dasarnya aja. Ketika kamu udah mengerti essensi dari bahasa itu, belajar ke depannya juga akan jadi gampang.

Itu juga untuk menghindari salah kaprah dari dasar sebuah bahasa. Kalau basicnya salah, percayalah itu akan sulit banget untuk diperbaiki ke depannya. Dulu, sebelum gue mendapat "guru" beneran dari sekolah gue, gue banyak tanya-tanya sama adik saya sendiri - yang kebetulan adalah member aktif ekstra kurikuler bahasa Korea di sekolah gue selama 3 tahun.

Intinya, jangan malu deh tanya-tanya. Sama junior lo, adik lo, atau siapapun - most of the time they're probably very happy to teach you! Kalau punya temen Korea, yang lancar bahasa Indonesia, itu lebih bagus lagi!

2. WHAT MOTIVATES YOU?

Coba kita gali lagi, apa sih motivasi kita dalam belajar bahasa Korea? Bisa jadi karena kita suka Korea, kita suka K-pop dan drama-drama, anything will do! Misalnya gue dulu, tergila-gila Super Junior dan percayalah kata Korean pertama yang gue bisa tulis adalah 이특 (Leeteuk) dari SJ. It's a baby step, tapi percayalah apapun itu yang memotivasi kita, pasti akan bisa mendorong kita terus buat belajar sampai mantap.

3. SONGS ARE EASIER TO REMEMBER

Punya lagu K-pop kesukaan yang udah lo puter 15839 kali? Nah, coba di search Korean lyricnya dan translationnnya! Engga cuma itu doang, kalau lo udah bisa paling engga ngetik hangeul di komputer, look for the definition or EACH WORD - cari satu-satu arti kata di lagu itu! Lalu, dengan kalian denger lagu itu sering-sering maka kata-kata yang tadinya lo orang engga ngerti, akan jadi terngiang terus di dalam kepala.

Sayangnya akhir-akhir ini lagu-lagu Korea banyak yang pake bahasa Inggris di bagian yang paling catchynya. Buat latihan, ini gue share 2 lagu yang gue juga pake dulu pas awal-awal belajar, biar bisa bantu kalian dalam pembelajaran bahasa Korea :

(Super Junior H - Cooking? Cooking!)
Korean Lyric + English Translation


(DongBangShinKi - Balloons)
Korean Lyric + English Translation


Dua lagu ini termasuk banyak menggunakan kata-kata yang simple, dan lagunya enak - jadi bisa buat tambah-tambah kosakata Korea yang baru!

4. EXPRESSIONS AND VOCABULARY IS THE WINNER

Nah, anggaplah kalian sudah lepas dari pangkat basic learner dan terus ingin mengembangkan skill bahasa kalian. Di tahap setelah basic, kalian boleh-boleh aja lepas dari pengawasan para "guru" dan belajar sendiri. Setelah tahap dasar itu kelar, satu hal yang kalian harus lebih kuasai adalah : KOSAKATA.

Percayalah, pembendaharaan kosakata itu lebih penting dari semua grammar yang ada. Tentu, grammar itu penting, use no grammar and your sentence will make zero sense. Tapi, ketika kalian udah menguasai grammar-grammar yang penting, pembendaharaan kata-kata atau kata-kata random yang penting tapi mungkin lebih jarang keluar dalam sebuah percakapan jadi lebih penting dari grammar.

Kenapa kosakata itu penting, 1. Ketika kalian menggunakan sebuah kata yang spesifik untuk mendeskripsikan sesuatu, misal kalau dalam bahasa Indonesia, tiba-tiba ada bule yang engga hanya bisa bilang besar, besar, tapi dia menggunakan istilah, gede, raksasa, atau gede lebay cynn - nah, pasti kalian akan takjub kan? Sama dengan bahasa Korea, banyak kata untuk mendeskripsikan sesuatu dan kalau kalian menguasainya, itu akan ngebuat lo jadi keliatan dewa banget bahasanya.

2. Pengetahuan kosakata yang luas, bisa membantu kalian dalam menebak-nebak arti suatu kata dalam suatu konteks. Yah, kita kan mau belajar kayak gimana juga, kita adalah second language speaker, dan bahasa Korea lebih-lebih bisa jadi third, fourth, atau fifth language kita kan. Mau gimana juga kita pasti ada momen dimana kita engga ngerti suatu kata. Tapi, kalau dari satu kalimat kita tau semua artinya kecuali satu kata, dengan logika secukupnya kita pasti akan bisa menebak apa artinya. Iya engga?

Apalagi ketika kita berhadapan langsung dengan orang asli Korea. Nah, walaupun dianya juga pasti akan sangat forgiving kalau kita ngomongnya sedet-sedet dan bapuk, tapi paling engga kita bisa ngerti dia ngomong apa dari konteks nya. Iya engga?

Jadi, selain kosakata k-pop macam 비스트, 슈퍼주니어, 동방신기, 이특, 희철, 은혁, 강인, 안녕, 언니, 사랑해 뿌잉뿌잉, 뮤직뱅크, 오빠, 동생, 형 kita harus melebarkan sayap ke kosakata lain yang engga kalah pentingnya, tapi lebih umum. Apalagi kalo k-pop related wordsnya udah di luar kepala, nah, kenapa engga diisi lagi dengan kata-kata yang baru, iya nggak?

5. KOREAN PUTS SUBTITLES ON THEIR TV-SHOW

Ini satu hal yang patut gue syukurin, bukan maksudnya subtitle translation, tapi hampir semua program TV di Korea punya subtitle bahasa Korea di layar. Mungkin untuk para disabled atau untuk tetap menghibur walau TVnya diputer tanpa volume (di tempat-tempat publik) - hampir semuanya menulis kata-kata yang diucapkan oleh para pemainnya.

Gue jujur engga bisa belajar banyak dari drama-drama Korea, kenapa? Karena mereka punya dialog biasanya memang sudah diatur sesuai scenenya, dan sialnya mostly itu adalah kata-kata yang sulit. Tapi dengan variety show - nah ini dia, engga hanya lucu dan ada banyak catch phrasenya, kata-kata tersebut ditulis di layar dan ketika gue engga ngerti ini maksudnya apa, gue bisa langsung ke kamus buat cari kata tersebut.

Untuk para siswa bahasa Korea menengah ke atas, gue sarankan untuk terjun ke variety show misalnya : Running Man / Roommate - karena RM dan RM ini banyak menggunakan kata-kata simple, untuk awal-awal bisa belajar banyak dari sini. Buat yang sudah merasa RM dua itu terlalu gampang, bisa langsung loncat ke Infinity Challenge dan Abnormal Summit.

Infinite Challenge 무한도전 sebenarnya banyak menggunakan kata-kata simple juga, tapi karena mereka mostly "talking" jadi levelnya lebih tinggi. Sedang Abnormal Summit 비정상회담 tiap minggunya membahas topik yang beda-beda, pembendaharaan kata-kata bisa ditambah banget dari acara itu. Lebih keren lagi kalo langsung loncat ke acara-acara talkshow misalnya 라디오스타, 안녕하세요?, 헤피투게더, dll. Tenang aja, acara talkshow juga punya subtitle, pake Korea tapi ya.

6. BOOKS ARE FOREVER

Memulai dari buku buat belajar memang mungkin cara yang paling conventional dari jaman jebot - tapi percayalah untuk belajar dasarnya, ini adalah cara yang paling efektif.

Sebenernya daripada belajar pake buku yang ada terjemahannya, akan jauh lebih baik kalau langsung pake buku yang pake bahasa Korea - untuk itulah sebenernya untuk pembelajaran awal-awal seorang "guru" itu krusial. Karena, most of the time gue liat buku-buku yang dijual komersil buat belajar bahasa Korea yang pake bahasa Indonesia / Inggris, suka banyak salah kaprah. Dengan adanya seorang "guru", dia bisa tetep jelasin ke kita dengan bahasa Indonesia, tapi teorinya tetep in Korean.

Gue percaya sebuah bahasa itu selalu berbeda dari bahasa lainnya, jadi engga bisa kita belajar bahasa Korea dengan pengertian bahasa Indonesia. Tapi gue engga bilang juga lo engga akan bisa bahasa Korea kalo belajarnya pake bahasa Indonesia, engga! Cuma gue mau share aja, gue banyak liat buku-buku yang pake bahasa Indonesia malah suka sedikit salah dan ngaco. Daripada begitu kan mending kita langsung belajar dari akarnya!

7. ENJOY IT!

Terakhir, cari kesenangan dari proses pembelajaran ini! Jujur kalo gue lagi belajar kata-kata baru, DAN kata itu keluar di tv-show yang lagi gue tonton - rasanya itu gue seneng banget, i feel so accomplished. Nah, sesuatu yang kecil itu lah kalo menurut gue bisa terus buat gue engga bosen dalam belajar bahasa.

Kalo tadi itu cuma pencapaian kecil-kecilan, kalo rasanya lo udah lumayan OK nih bahasa Koreanya, ambil tes TOPIK a.k.a Korean Language Proficiency - semacam tes kemampuan bahasa Korea (websitenya topik.go.kr - search di google "topik go kr" dan itu adalah link pertama - kalo langsung ketik alamatnya keluarnya "forbidden"). Nah ini nih ketika pencapaian lo dihargai dengan bentuk sertifikat! Topik dibagi jadi 6 level, level 1 & 2 basic, level 3 & 4 intermediate, dan level 5 & 6 advance (kalo kak filia TOPIKnya level berapa? Filia udah level 6 loh saudara-saudara :") *sombong sedikit *padahal nilai pas-pasan). 

Dengan adanya accomplishment macam seperti itu, kita jadi makin termotivasi dan mau belajar terus. Misal udah level 1, kita mau dong terus belajar supaya coba dapet level 3 misalnya? Iya ga? Tes TOPIK ini seingat gue setahun ada 2 kali kah? Kalau engga salah diadain di UI. Sertifikat ini diakui secara internasional dan kalo ada yang mau lanjutin sekolah ke Korea, hampir semua Uni minta sertifikasi ini, dan pastinya akan ada advantages buat kalian yang punya level lebih tinggi.

Di jaman modern ini, bahasa itu adalah suatu skill yang bener-bener engga semua orang bisa kuasai. Karena apa? Skill bahasa itu engga cuma teori, tapi orang-orang yang jago itu adalah orang yang bisa dengan saat bersamaan mempraktekan teorinya dalam waktu yang cukup singkat. Ini cuma perbandingan lucu-lucuan aja sih, coba kalo lagi praktikum kimia tiba-tiba gue lupa ini "FE" itu elemen apa, gue bisa curi-curi liat buku cetak, "ohh, FE itu besi" - dan move on.

Tapi, dalam bahasa, mana ada lagi ngomong, aduh ini artinya apa ya, kita bisa pause sesi percakapan buat cari arti katanya di kamus. Ok, ada lah emang momen-momen kayak gitu, tapi kan engga bisa tiap 10 detik kita pause dong?  Ya pokoknya kalo kita tau banyak dan mikirnya cepet di kepala, kita akan lebih keliatan super dewa dong, iya ga?

Nah itulah tips-tips yang gue masih jalanin sampai sekarang. Tentu aja, ada saat dimana gue jenuh banget, namanya juga "belajar" kalo engga jenuh kan engga manusia. Tapi, kalo kita bawa enjoy dan ketika kita udah mahir, kita sendiri yang kena untungnya. Lumayan kan dari hobi, jadi skill yang bisa kita bawa-bawa dan pamerkan ke orang-orang.

Sekali lagi, ini berasal dari pengalaman gue seorang, dan dengan cara ini gue udah melewati dua bahasa, Korea dan Jepang - Jepangnya level cupu tapi lumayan kok. Beneran. Bener. Percayalah.

Terima kasih buat kalian yang baca sampai sini - kita ketemu di dialog-dialog berikutnya. Maaf kalau ada salah kata atau apa, karena biasanya kalo bikin dialog, gue engga proofread lagi tapi main post aja HAHA. Ini idenya juga kepikiran pas lagi ngegym, dan JENG JENG inilah dia sebuah postingan tentang pembelajaran bahasa.

Buat kalian yang lagi belajar bahasa Korea, 열심히 하고 보람이 있을겁니다! 화이팅 하세요! Dan boleh kalo ada yang mau share-share pengalamannya belajar di komen di bawah! :)



Where to find me :
tumblr // youtube // instagram // twitter // deviantart
xx

11 comments:

  1. Thanks for sharing fil ^^ jd makin semangat belajar korea lagi hehe
    고마워!

    ReplyDelete
  2. 안녕 Filia 언니! ^^ aku bljr korea sejak 4-5 taun lalu tp nga diseriusin haha tp lmyn sih baca udh lancar sm grammar lmyn oke hehe cm ya kosakata itu kendalanya TT aku jg nanti bakal intensif buat ke KSU >< (if you remember, nathnjs from ask.fm ^^) oh iya, aku tunggu post ttg pengalaman cc di KSU yaa hehe

    www.natashajs.com

    ReplyDelete
  3. 아하! What a very nice post, i couldn't agree more! As a korean language teacher, I know exactly what are you saying in this post.
    Sering sekali saya nemu siswa2 baru saya yg berbekal kgigihan dengan belajar otodidak duluan dr buku ini itu tp mostly salah kaprah.
    memang betul banget belajar bahasa korea bnr2 harus paham intinya, basisnya harus kuat kl ga pasti bakal kbingungan pas menapak di jenjang selanjutnya. Itulah kenapa dibutuhkan 'guru' yg akan siap menerangkan kenapa begini dan kenapa begitu yg muncul di buku plajaran biasanya.
    dan pastinya harus ada motivasi yg kuat kl gak pasti mutung di tengah jalan hehehe.열심히 노력하면 한국말을 꼭 잘 할수 있을거야~
    화잇팅!

    ReplyDelete
  4. aaaaa piliiii semua pointnya samaaa kaya yg gw rasain dan gw butuhiiinnn haha <3
    kecuali soal tvshow~ karna gw belajarnya Jepun tp gw jarang ntn variety jepun lol
    tapi yang paling ngena itu poin 2 dan 7 !


    gw punya banget yg namanya rasa cape, cepet bosen dan jenuh waktu lagi tahap susah2nya tapi yg bikin gw balik lagi adalah kalo gw inget2 what motivates me to learn ini. ngebayanginnya aja uda bikin gw balik lagi mau cepet2 belajar biar cepet bisa ngomong lancar hahaha *and hope this method will be effect forever lol*


    point 7! kalo lagi belajar kata baru dan keluar di film yg ditonton tuh happyy emank bener bangeddd hahaha dan gw super suka with such feeling. berasa ada yg di accomplished! emank hal kecil tapi super seneng emang ya haha


    thanks for sharing piliaaa! <3
    X

    ReplyDelete
  5. nice tips ce :D

    ReplyDelete
  6. Can you do an English version of this post? :D

    ReplyDelete
  7. Puput Nomundi SihmastutiApril 10, 2015 at 3:27 PM

    Postingannya bermanfaat banget. Pas banget aku jg lagi belajar bahasa Korea. Tapi aku belajarnya lewat video tutorial di youtube. Motivasi belajar bahasa Korea juga gara-gara Kpop dan variety show. Sempet males belajar tapi trus jadi semangat lagi abis nonton Abnormal Summit. Ngiri ngeliat bule-bule bisa cas cis cus bahasa Korea. Jadi pengen lancar bahasa Korea kayak mereka :D

    ReplyDelete
  8. I don't speak Indonesian, so I understood the english words and a few words here and there, but I wanted to say that these are very good tips! I haven't practiced Korean formally in a looooong time, but I continue to read as much as I can from Kpop lyrics and the captions on shows. I also listen to a lot of Korean and learn words that way. It's amazing how much you can understand with just a little bit of practice.

    Someone else in the comments asked for an English version and I second that! If you feel like doing it, it'd be a great post to read. :)

    ReplyDelete
  9. Hello, Filia!
    May i know what books did you use for learning korean? Thanks before! ^^

    ReplyDelete
  10. My boss are from Korean, 100%, stil young, 1 year older, but he forbidd me from say any korean word. Dunno why. Too bad. :'(
    Alhasil, gue makin ga bisa ekpresikan fave gue. Tapi ntar belajar via buku aja deh.
    Belum pernah gue coba itu. Thanks :)

    ReplyDelete
  11. hahaha eh temen gw orang Korea juga gitu, kalo gw ajak ngomong Korea langsung dipelototin. But he said Korean is a language his family used at home, so probably he felt shy / embarrassed? tapi temen gw bahasa Indonesianya jago banget so yeah haha

    ReplyDelete

Theme created by Sweet Lemon Grey